Trend Sistem Cerdas 5 Tahun Kedepan

Sistem Cerdas merupakan dari bidang Ilmu Komputer/Informatika dan Rekayasa Cerdas untuk pengembangan berbagai metode berkemampuan tinggi yang diilhami oleh fenomena alam untuk menyelesaikan berbagai masalah kompleks di dunia nyata. Masalah – masalah kompleks tersebut juga bisa berkaitan dengan pengolahan big data dan perancangan embedder systems. Disini kami akan melakukan beberapa review tentang Sistem Cerdas yang didapat dari beberapa video youtube. 

Nama : Mohammad Faisal Rafli

Nim : 1303183026

Kelas : IT-42-GAB

Kendaraan Portable (Solowheel)

Sumber gambar : https://www.amazon.com/SOLOWHEEL-Scorpion/dp/B08KGP9C17

Kendaraan Portable (Solowheel)

Kendaraan ini adalah kendaraan yang memiliki satu roda, Solowheel didesain dan dibuat oleh Shane Chen yang merupakan pembuat beberapa produk olahraga untuk perusahaan dimana dirinya bekerja yakni Inventist. Alat tersebut memiliki berat sebesar 11 kg dengan dimensi 43 x 48 x 13 cm. 

Alat transportasi individu ini sangat cocok digunakan untuk menggantikan kegiatan berjalan maupun berkendara dengan jarak yang dekat. Solowheel memiliki mesin berkekuatan 1000 watt yang mampu mencapai kecepatan 12 meter per jam. Kendaraan beroda 1 ini juga mengusung teknologi yang bernama Soloware, yaitu software penyeimbang, gyrosensor dan accelerometer. Dibekali balancing software, penggunanya bisa memilih sesuai kondisi jalan atau karakter mengemudi. Saat Solowheel sedang berhenti cukup lama atau tidak digunakan, Soloware akan mati secara otomatis untuk menghemat baterai. Dilengkapi dengan bluetooth 4.0, kita bisa mngintergrasikan Solowheel dengan ponsel atau wearable gagdet lainnya.

Source :

https://jadiberita.com/2076/solowheel-transportasi-individu-yang-unik.html

Fajar Angga Liberty S (1303180029)

Kelas : IT-42-GAB

Dalam video youtube yang saya review ini, membahas tentang beberapa teknologi yang akan digunakan pada masa yang akan datang ataupun bahkan sudah mulai digunakan sekarang. Adapun teknologi yang dibahas adalah sebagai berikut.

  1. Artificial intelligence

Suatu kecerdasan buatan manusia yang bisa berpikir sendiri. Contohnya driverless car atau mobil tanpa sopir.

Sumber gambar: www.idntimes.com

  1. Translator realtime

Adalah penerjemah realtime, yang akan menerjemahkan langsung setelah mengatakan sesuatu.

  1. Electro vibration

Sensasi elektrik yang bisa anda rasakan seperti menyentuh benda aslinya melalui gadget.

Sumber gambar: google.com

  1. Leap motion

Bisa mengendalikan banyak hal hanya dengan menggunakan jari. Sekarang mungkin sudah banyak yang menggunakan teknologi ini, namun leap motion ini jauh lebih canggih.

Dari beberapa teknologi yang dijelaskan diatas, beberapa teknologi sudah mulai digunakan pada saat ini, namun belum maksimal dan masih harus dikembangkan lagi. Menurut saya teknologi yang akan sangat populer di waktu dekat ini adalah driverless car, karena sudah ada perusahaan yang menggunakan teknologi ini seperti Tesla, tetapi hanya orang tertentu yang bisa merasakan teknologi tersebut dikarenakan harga mobil yang sangat mahal.

https://youtu.be/YxMl_4rW3Zw

Alhamd Robby Alqadri (1303180109)

Kelas : IT-42-GAB

Teknologi Mobil Terbang

Komentar : 

Bidang otomotif mengalami perubahan yang sangat pesat dan cepat salah satu contohnya adalah mobil terbang. Mobil terbang ini diciptakan dikarenakan kondisi jalan yang semakin hari semakin padat karena banyaknya konsumen yang saat ini mulai menggunakan kendaraan roda empat dan memang sekarang ini sangat mudah sekali untuk bisa mempunyai kendaraan roda empat. Kondisi ini menyebabkan produsen kendaraan bermotor berlomba – lomba mengembangkan inovasi inovasi teknologi guna untuk menciptakan kendaraan yang nyaman, dan juga sebagai solusi untuk mengurangi kemacetan.

Sumber gambar: liputan6.com

Sumber gambar: liputan6.com

Sumber gambar: liputan6.com

Aeromobile 3.0 adalah mobil terbang berbasis teknologi yang dibuat di perusahaan slovakia yang telah resmi meliris mobil terbang 3.0. Mobil ini merupan mobil pada umumnya yang memiliki panjang keseluruhan 6 meter dan 2,24 meter pada saat kendaraan ini beroprasi sebagai mobil dan pada saat berubah menjadi mobil terbang panjang keseluruhannya menjadi 8,32 meter. Aeromobile 3.0 ini dibuat dengan material komposit serta didalamnya dilengkapi autopilot sistem dan pengembangan parasut mobil ini juga dapat terbang dengan landasan pacu yang hanya sepanjang beberapa ratusan meter saja. Mobil ini menyedot 8 liter bensin untuk menempuh jarak 100 km sedangkan pada saat dalam mode pesawat, mobil ini membutuhkan 15 liter bahan bakar setiap jam. Mobil ini diperkirakan akan digunkaan secara optimal pada tahun 2030 mendatang.

https://youtu.be/YxMl_4rW3Zw

Dimas Faris NoorFauzi (1303184136)

Kelas : IT-42-GAB

Teknologi Mobil Antil Banjir

Komentar :

Perkembangan dizaman modern ini benar-benar sangat pesat karna,termasuk didalam industri otomotif seperti yang diada dilink video tersebut. Mobil ini diciptakan untuk mempermudah manusia untuk menjalajahi danau atau sekedar berwisata ketempat-tempat wisata air.

Sumber :

https://www.mantruckandbus.com/en/technology/bus-ahoy.html

Sumber :

https://www.mantruckandbus.com/en/technology/bus-ahoy.html

Hafencity bus river ini pertama kali diciptakan diJerman dan dapat beroperasi didarat maupun diair, bus ini beroperasi untuk masyarakat untuk melakukan tour keliling wisata. Dan bus amifibi memiliki kecepatan 65 km/jam saat ada didarat dan 7 knot saat ada diair, bus ini memiliki kapasitas 35 orang. Dan memiliki fitur:

  • Perlengkapan standar layar lcd
  • Pemutar dvd
  • Toilet
  • Bagasi
  • Penghangat ruangan
  • Perlengkapan keselamatan yang lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *